Kamis, 02 Juni 2011

Manfaat dari Nigela Sativa (Habat)


Mungkin kalian belum pernah dengar yang namanya habbatus saudah atau di Indonesia dikenal dengan sebutan jintan hitam. Yang hebat nih menurut penelitian terbaru si biji hitam ini mempunyai kemampuan memperkuat sistem kekebalan tubuh, asma bronkial dan bronkitis, rematik sampai obat jerawat. Nigella Sativa, nama latin dari habbatus sauda, udah dikenal sejak zaman yunani kuno. Konon katanya, raja-raja Yunani dikubur bersama dengan biji-biji Nigela Sativa yang berfungsi untuk mengawetkan mayat.
Ahli pengobatan Yunani kuno, Dioscrodes, pada abad pertama masehi mencatat bahwa Nigella Sativa ini digunakan untuk mengobati sakit kepala, saluran pernafasan, sakit gigi, dan menghilangkan cacing di usus. Kaya obat sapu jagad aja ni. Tapi emang bener habbatus sauda mempunyai khasiat yang banyak banget.
Apa aja sih kandungan habbatus sauda ini sampe bisa untuk obat berbagai penyakit? Yang pertama tuh Oleat (Omega 9), Linoleat (Omega 6), dan linolenat (Omega 3). Semua itu protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita soalnya protein jenis itu tidak bisa diproduksi di dalam tubuh. Jadi sumber utamanya cuma dari asupan makanan aja. Nigella juga mengandung minyak atsiri dan minyak volatil yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan. Secara tradisional minyak atsiri ini udah digunakan sebagai obat diare. Pada tahun 1992, Jurnal Farmasi Pakistan memuat hasil penelitian yang membuktikan volatile lebih ampuh untuk membunuh strain bakteri V Cholera dan E Coli dibandingkan dengan anti biotik seperti ampicilin dan tetrasiklin.
Karena khasiat habbatus sauda yang bisa membunuh bakteri, makanya biji hitam ini bisa untuk mengobati jerawat kita. Soalnya jerawat itu hasil kerja si bakteri.
Dimana sih kita bisa ngedapetin habbatus sauda ini? Saat ini udah banyak banget produk olahan dari jinten hitam ini. Di apotik-apotik dan supermarket besar terdekat kamu udah bisa beli habbatus sauda dalam bentuk tablet atau ada juga yang udah dibuat ekstraknya dalam bentuk cairan. Harganya sangat terjangkau, soalnya jintan hitam ini mudah tumbuh di Indonesia. Beruntunglah kita sebagai orang Indonesia yang sudah diberikan kekayaan alam yang berlimpah, tergantung dari diri kita yang mau memanfaatkannya atau tidak. Sebelum kekayaan alam itu dimanfaatkan oleh bangsa lain. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes