Selasa, 08 Februari 2011

Pemrograman Sistem

1. Apa perbedaan program sistem dengan program aplikasi !

    Program sistem :

Program sistem adalah program yang membantu pengeksekusian secara efektif general user komputasi guna memenuhi kebutuhan sistem komputer

    Contoh dari program sistem ini adalah sistem operasi, compiler, dan program untuk pengeditan text.

    Program sistem ini termasuk diantaranya adalah: 

  • sistem yang digunakan untuk pengontrolan terhadap ekseskusi dari program lainnya, seperti sistem operasi. 
  • sistem yang digunakan pada lingkungan perangkat lunak itu sendiri, seperti command-line interpreter, window system, desktop, 
  • sistem yang digunakan sebagai alat bantu untuk membangun sistem lainnya, seperti assembler, compiler, linkers, libraries, interpreter, cross    -reference generator, version control, make, debugging, profiling, dan alat bantu untuk monitor. 
  • program utility seperti untuk proses pengurutan data, pencetakan dan pengeditan.

    Program sistem dapat dibagi ke dalam tiga klasifikasi, yaitu:
    1. sistem operasi
    2. program utilitas
    3. program khusus

    Sebuah komputer dapat memiliki satu atau beberapa sistem program. Sebuah sistem operasi untuk sebuah komputer dapat saja sangat khusus untuk model atau keluarga komputer, atau ada pula sistem operasi yang dapat digunakan di berbagai jenis komputer.

sumber : http://www.total.or.id/info.php?kk=system%20program

   Program aplikasi :

Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.

 sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi 


contoh dari software aplikasi dan sistem :
software aplikas  : ms office dll
software sistem   : windows dll

Jadi, Software aplikasi sangat bergantung kepada software sistem karena tanpa software sistem software aplikasi tidak dapat dijalankan.




2. Apa perbedaan pemrograman sistem dengan aktivitas pemrograman lainnya ?

Program Sistem membantu eksekusi “general user program” secara effektifpada sistem komputer
Effektifitas,meliputi :
-effektifitas penggunaan sistem komputer(pengaruh konfigurasi sistem komputer : main storage, auxiliaries, dsb)
-effektifitasSDMdalam pengembanganprogram (pengaruh lingkungan komputasi : program development, data processing, real time application, dsb)
Effektifitas(dan efisiensi)→Optimalisasi Biaya

Pemahaman DasarSoftwareSistem
JikaX adalah seorang programmer, maka dengan pendekatan sistem komputer, dapat dijelaskan :
-X membuat program dari sudut pandang bahasapemrogramanyang ia mengerti
-CPU hanya mengerti informasi yang spesifik sesuai dengan formatnya (bahasa mesin)
-Diperlukan bahasa perantara (languange tranlator) atau compiler yang dapat mengkonversi bahasa tingkat tinggi ke dalam set instruksi bahasa mesin yang dimengerti CPU
-Pekerjaan CPU dibantu sistem operasi diantaranya dalam hal penjadualan pekerjaan
Evolusi Software Sistem
Dua aspek dasar dalam kerja software sistem :
-ketersediaan fasilitas yang lebih baik
-Pencapaian kinerja yang efisien
EVOLUSI :

  • Language Translator
-Awalnya program dibuat dalam bahasa mesin
-Kebutuhan languange translator dari bahasa yang mudah dipahamiprogrammer kebentuk kodeyang dimengerti oleh mesin
-translator untuk bahasa pemrograman tingkat rendah (assembly language) : assembler
-Assembly languange memiliki perlakuan yang mirip dengan bahasa mesin, seperti penggunaan mnemonic opcode (LOAD, ADD, dll), symbolic operand (VALUE, RESULT, dll) dan kemudahan modifikasi program dengan tetap bergantung pada mesin yang digunakan (machine dependent)
-Bahasa Tingkat Tinggi yang termasuk machine independent, mempermudahprogrammer serta telah memiliki languange translator yang dapat mereduksi perancangan, coding dan debugging program
  • Batch Monitor
-Awalnya sistem komputer menjalankan programpada satu waktu mode operasi (one program at a time operating mode), dengan campur tangan operator untuk men-setup setiap kali memulai pekerjaan
-Batch monitor, merealisasikan proses dari sekumpulan pekerjaan
-Kelemahan batch monitor : turn along time yang cukup lama


  • Multiprogramming Operating System
-pada arsitektur komputer klasik, instruksi IO dieksekusi bersamaan dengan instruksi lain (aritmetika,logical,dll)olehCPU
-Penggunaan CPU dan IO channel secara bersamaan membutuhkan data independence yang akan dipanggil ke memori
-Ketika IO menjalankan sebuah program, CPU menjalankan komputasi untuk program yang lain : Multiprogramming
  • Time Sharing Operating System
-Kebutuhan turn arround time yang singkat dipenuhi melalui interactive computing
-Dengan interactive computing, komputer segera merespon input dari user dengan respon time yang singkat, karena setiap program memilikifixed time di CPU. Contoh : penjadualan Round Robin



di ambil dari sini...
 


3. Sebutkan macam-macam OS pada komputer dan mobile !

Apa yang dimaksud sistem oprerasi ?

Sistem Operasi adalah Perangkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan antara aplikasi dan perangkat keras dimana aplikasi tersebut dijalankan. Ketika sebuah aplikasi mebutuhkan akses ke perangkat keras, misalnya saat menyimpan data ke disk, maka proses tersebut dilakukan oleh aplikasi melalui perantara sistem operasi.

Macam - macam Sistem Operasi (pada komputer) :


1. UNIX
Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley.

2. Linux
Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun.
Nama “Linux” berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.

3. Mac OS
Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

4. FreeBSD
FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86 (IA-32) (termasuk Microsoft Xbox), DEC Alpha, Sun UltraSPARC, IA-64, AMD64, PowerPC dan arsitektur NEC PC-98. Dukungan untuk arsitektur ARM dan MIPS sedang dalam pengembangan.

5. SUN OSSUN OS adalah sebuah versi UNIX yang digunakan dalam workstation-workstation Sun Microsystems yang dirilis pada tahun 1982. Setelah merilis SunOS versi 4, Sun Microsystems mengubah kode UNIX BSD yang sebelumnya mereka gunakan dengan kode UNIX System V, setelah mendapatkan lisensi dari pemegang lisensi UNIX waktu itu, AT&T. Perubahan ini menjadikan namanya berubah menjadi Solaris versi 2, dari yang seharusnya SunOS 5. Sehingga, secara tidak langsung, SunOS pun dianggap sebagai Solaris versi 1.x.

6. Windows
Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%. 


Macam-macam sistem operasi (mobile) :
1. Symbian OS
Pada tahun 1998 EPOC merupakan awal dari dasar Symbian Ltd, sebelum Symbian terbentuk. Debut perdana ponsel Smartphone Symbian diawali dengan R380s ponsel Smartphone Symbian pertama yang mengusung teknologi layar sentuh keluaran dari Ericsson Vendor asal Swedia pada tahun 1998 yang kini telah bergabung dengan Sony Vendor asal Jepang,dengan nama Sony Ericsson yang kini telah melahirkan ponsel Smartphone Symbian UIQ,antara lain P800, P900, P910, M600, W950, P990, serta P1 yang menawarkan fitur kantoran & multimedia serta mendukung teknologi 3G & HSDPA. Disusul oleh Nokia melahirkan ponsel Smartphone Symbian 7650 berbentuk sliding yang diklaim untuk melindungi lensa kamera dengan kedalaman warna 4096k TFT 176×208 pixel & menggunakan Bluetooth serta Infra Red sebagai media konektivitas.Tak ketinggalan Siemens,Vendor asal Jerman meluncurkan ponsel Smartphonenya Symbian SX1.

Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak (mobile).
Sebelum Nokia mengumumkan pembelian seluruh sisa saham Symbian Ltd. yang tidak dimilikinya pada 24 Juni 2008,[1] Symbian dimiliki Nokia (47,9%), Ericsson (15,6%), Panasonic (10,5%), Samsung (4,5%), Siemens/BenQ (8,4%), Sony Ericsson (13,1%). Versi Symbian yang terbaru adalah Symbian OS v9.5s. Sedangkan ponsel yang paling banyak beredar saat ini menggunakan Symbian OS v6.1s, v7.0s, RV 47 75, v8.OS, dan v9.1s. Nokia Nseries rata-rata menggunakan Symbian OS v9.1s, kecuali Nokia N95 yang menggunakan Symbian OS v9.2s.

kelebihannya :

  • Dirancang sebagai gabungan kemampuan computer dengan ponsel
  • Bersifat open application environment yang memungkinkan ponsel menjadisebuah platform bagi pengembangan berbagai aplikasi dan layanan (bahasadan konten)
  • Open standard dan interoperability, modul-modulnya mudahdiimplementasikan secara fleksibel karena mendukung berbagai aplikasiteknologi dan pemrograman interfaces (APIs)
  • Multitasking, yang menekankan pada object oriented dan component based.
  • Flexible user interface design sehingga mudah dikembangkan denganinovasi yang diinginkan
  • Robustness, memiliki kemampuan mengakses data dengan cepat dan menjamin keutuhan data, mampu mengurangi keterbatasan memori, penyimpanan dan
  • tenaga dari perangkat komunikasi yang saat ini ada. 
kelemahannya :
  • Karena memiliki sistem operasi terbuka, handphone jenis ini sangat rentan terhadap serangan virus seperti Cabir, Commwarrior, SymbOS.skulls. dan masih banyak lagi
  • Handphone dengan sistem ini gampang Hang, atau lambat dalam membuka gallery, lagu, serta pesan singkat(SMS)
    2. Android OS


    Pada Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc, sebuah perusahaan startup yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Android’s co-pendiri yang pergi untuk bekerja di Google termasuk Andy Rubin (co-pendiri Danger, Rich Miner (co-pendiri Kebakaran liar Communications, Inc , Nick Sears (sekali VP di T-Mobile , dan Chris White (diketuai desain dan pengembangan antarmuka di webtv. Pada waktu itu, hanya sedikit yang diketahui tentang fungsi Android, Inc lain dari itu mereka membuat perangkat lunak untuk ponsel.Hal ini dimulai desas-desus bahwa Google berencana untuk memasuki pasar telepon seluler, meskipun tidak jelas apa fungsi itu mungkin tampil di pasar itu

    kelebihannya :

    • Android bersifat open source (karena based on linux)
    • Realisasi cloud computing yang sesungguhnya. Contact di hp sudah otomatis tersimpan di account google. Semua fitur google sudah terintegrasi di hp android (Google Search, Google Docs, Google Maps, Gmail.)
    • Cari software mudah sekali karena ada Android Market.
    • Fleksibel. OS Android bisa dipakai di banyak platform hardware.
    • Update OS cepat. 
    • Lisensinya lebih murah tidak semahal OS Blackberry
    • lebih simpel dan mudah pengoprasiannya alias nggak ribet..
    kekurangannya :
    • Hp android masih mahal, kemungkinan setelah banyak hp menggunakan android harganya jadi lebih murah
    • Hp yang menggunakan android aplikasinya masih terbatas, belum banyak tersedia
    • Sebenarnya simpel, tetapi karena terbiasa dengan os symbian dan java jadi terlihat agak sulit.
      3. Java OS


      Penjelasan Java OS :

       Handphone dengan sistem operasi tertutup adalah Handphone dengan operating system JAVA.
      Handphone ini cuma mensupport aplikasi dan games dalam format Jar.
      Contoh Handphone dengan system java adalah Nokia 5200, 5300, 5610, 5310, 6300, serta kebanyakan dari Handphone SE,Motorolla,dan Samsung.

      Kelebihannya :
      • Tidak bisa terserang virus handphone.
      • Tidak gampang Hang seperti layaknya Handphone dengan OS Symbian.

      Kelemahannya :
      • Tidak bisa bebas dimasukkan segala macam aplikasi

      1 komentar:

      Library Qu mengatakan...

      Swiming is the best exercise in summer and running in winter
      QU-IT & QU



      Poskan Komentar

       
      Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes